KESEPAKATAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH KABUPATEN AGAM TAHUN 2025 – 2045

By : Admin Bappeda Senin, 15 Juli 2024

Senin(15/07), Agenda penandatanganan nota kesepakatan antara Bupati dengan DPRD Kabupaten Agam terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Agam Tahun 2025–2045 di Aula Utama Kantor DPRD hadiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Agam, Rekan–rekan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD, LSM, Organisasi Masyarakat, dan rekan–rekan Pers.

Pemerintah Daerah bersama DPRD Kabupaten Agam telah menyelesaikan salah satu agenda penting menyusun dokumen sebagai pedoman pembangunan daerah untuk dua puluh tahun ke depan. Agenda pemerintahan yang dilaksanakan menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah berkomitmen dan konsisten memenuhi ketetapan jadwal dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah penyampaian Nota Penjelasan kami pada Tanggal 6 Mei 2024 yang lalu, telah dilakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD Kabupaten Agam Tahun 2025–2045 antara DPRD dengan Pemerintah Daerah. Untuk memperdalam fokus pembahasan serta menjaring lebih banyak masukan dan saran, pembahasan juga dilakukan oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD bersama Tim Penyusun dan Perangkat Daerah terkait.

Pada rapat paripurna ini dilakukan penandatanganan Pakta Integritas pencegahan, kontrol, juga monitoring pencegahan tindak pidana korupsi antara legislatif, eksekutif dan badan usaha. Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah, Legislatif dan Badan Usaha untuk mendukung Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam Sambutannya, Bupati Agam, Andri Warman menyampaikan harapan “tahapan demi tahapan yang telah dilaksanakan, dan melalui pembahasan–pembahasan yang konstruktif, Ranperda RPJPD yang kita sepakati bersama hari ini menjadi dokumen yang komprehensif untuk mewujudkan Kabupaten Agam yang Madani, Maju dan Berkelanjutan, serta mendukung perwujudan Visi Indonesia Emas 2045.”