HARI KEDUA FORUM LINTAS OPD 2023 UNTUK PERENCANAAN 2024

By : Admin Bappeda Rabu, 15 Maret 2023

Lubuk Basung (14/03), Hari Kedua Forum OPD Kabupaten Agam yang bertempat di aula dilaksanakan tetap dilaksanakan secara langsung maupun secara online melalui zoom meeting. Sekretaris Daerah, Bapak Drs. Edi Busti, M.Si turut hadir untuk memberikan arahan. Adapun OPD pemapar pada hari ini disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Dalduk KB PPPA, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, serta Inspekortat. Dalam pelaksanaannya, pimpinan sidang yakni staf ahli bupati bidang SDM dan kemasyarakatan, staf ahli bupati bidang hukum politik dan pemerintahan, asisten pemerintahan dan kesra, serta Kepala Bappeda Kabupaten Agam

Bappeda mengundang penanggap untuk paparan yang disampaikan yakni Komisi I dan IV DPRD, TP PKK Kabupaten Agam, P2TP2A Kabupaten Agam, LKAAM Kabupaten Agam, Bundo Kanduang, BAZ Kabupaten Agam, Kementerian Agama, BPS Kabupaten Agam, BPN Kabupaten Agam, BKSDA Kabupaten Agam, KPHL Agam Raya, PDAM Kabupaten Agam, PLN Cabang Lubuk Basung, Tenaga Ahli P3MD, Satgas Stunting dan Seluruh OPD/Kecamatan/Bagian Se-Kabupaten Agam.   

Berbeda dengan hari sebelummnya, kelompok bahasan yang diperbincangkan yakni mengenai “Peningkatan Kualitas Pemerintahan dan SDM”, dimana prioritas dalam pembahasan ini meliputi:

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, perlindungan sosial anak.
  2. Penguatan gerakan nagari madani melalui peningkatan partisipasi masyarakat dan dukungan perantau.
  3. Penguatan reformasi birokrasi melalui implementasi SAKIP dan peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan nagari.

Dengan tema paparan yang ditampilkan yakni:

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, perlindungan sosial dan anak
  2. Peningkatan partisipasi masyarakat dan dukungan perantau.
  3. Peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan nagari
  4. Reformasi birokrasi melalui implentasi SAKIP

Kepala Bappeda, Endrimelson, S.Kom., M.Si mengharapkan dalam penyusunan perencanaan tahun 2024, DPMN untuk lebih mempertajam pada tema peningkatan tata kelola pemerintahan nagari, dan fokus menjadikan nagari episentrum pembangunan Nagari sesuai amanat RPJM. Dibutuhkan peran DPMN dalam koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi dengan seluruh OPD lebih terintegrasi. Kemudian dalam pelaksanaanya, OPD se-Kabupaten Agam juga agar dapat menyesuaikan capaian dengan target kinerja yang telah ditetapkan. Hal yang tak kalah penting adalah program untuk peningkatan SDM Nagari dan koordinasi dengan Kecamatan.

Dalam forum ini, kesepakatan memuat hasil sebagaimana berikut: 

Dinas Pertanian

  1. Penyediaan Bibit unggul
  2. Pembinaan Keluarga Beresiko stunting

Dinas Kesehatan

  1. cakupan pemberian tablet
  2. Persentase imunisasi dasar
  3. Stop BABS
  4. bantuan iuran jaminan kesehatan (BPJS)

Dinas PU TR

  1. akses sanitasi

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

  1. promosi peningkatan konsumsi ikan dalam negeri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

  1. pelatihan stimulasi pengasuhan penangganan stunting
  2. Penciptakan sekolah Percontohan
  3. Sistem Informasi Kebudayaan

Dinas Dalduk KB

  1. audit kasus Baduta stunting 50 %

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman

  1. Rehab rumah Tidak Layak Huni

Satpol PP

  1. Pengawasan Satpol PP diluar Jam pengawasan Sekolah

Dinas Sosial

  1. penghapusan kemiskinan ekstrim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari

  1. Transparansi Pengelolaan Keuangan Nagari
  2. Adanya Rumusan Kebijakan Peran kecamatan dalam Pengawasan Keuangan Nagari
  3. Peningkatan Kapasitas Lembaga
  4. Kader Pembangunan Manusia di Nagari

Seluruh OPD:

  1. OPD menindaklanjuti hasil reviu APIP
  2. Mendorong peningkatan nilai SAKIP dan Nilai RB: